Selamat Datang di Laman Resmi SD Negeri 4 Nyalian - Sekolah unggul, mandiri dan berahlak mulia.

Perencanaan Berbasis Data



Workshop Perencanaan Berbasis Data (PBD), Penyusunan RKAS, dan Penyusunan SKP di Satuan Pendidikan Kabupaten Klungkung. Semarapura, 9-10 Januari 2023 bertempat di SD Negeri 1 Semarapura Kangin.

Workshop ini diselenggarakan oleh KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) SD Kabupaten Klungkung, Bali. Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari, yaitu pada hari Senin tanggal 9 Januari sampai dengan hari Selasa tanggal 10 Januari tahun 2023. Acara workshop ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Klungkung, Drs. I Ketut Sujana, M.Pd.H. Narasumber berasal dari BPMP (Balai Penjaminan Mutu Pendidikan) Provinsi Bali,  dan BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Klungkung.

Peserta dari workshop ini adalah kepala sekolah dan bendahara BOS (Bantuan Operasional Sekolah) SD di wilayah Kecamatan Klungkung, Dawan dan Banjarangkan.

Awal tahun menjadi momentum yang tepat dari pelaksanaan workshop ini karena dapat dijadikan acuan dalam menyusun Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS).

Apa itu Perencanaan Berbasis Data (PBD)?

Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah bentuk pemanfaatan data pada platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

Perencanaan Berbasis Data (PBD) bertujuan untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkret. Selain itu, PBD juga disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan atau dinas berdasarkan identifikasi masalah yang berasal dari data pada platform Rapor Pendidikan, yang kemudian mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk melakukan pembenahan melalui penyusunan kegiatan peningkatan capaian berdasarkan hasil identifikasi dan refleksi terhadap capaian di Rapor Pendidikan dan kondisi lapangan. Terdapat 3 langkah sederhana dalam proses Perencanaan Berbasis Data (PBD), yaitu Identifikasi, Refleksi, dan Benahi (IRB).

Pusat Informasi Rapor Pendidikan


Apa itu SKP (Sasaran Kerja Pegawai)?

Sasaran Kerja Pegawai adalah rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang ASN baik PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) setiap tahun. Umumnya penyusunan SKP harus mengacu kepada :
  • Perencanaan Strategis Instansi Pemerintah
  • Perjanjian Kinerja
  • Organisasi dan Tata Kerja
  • Uraian Jabatan
  • SKP atasan langsung
Sosialisasi Penyusunan SKP ASN oleh BKPSDM Kab. Klungkung via Kanal Yotube Klungkung Smart City pada link berikut: Sosialisasi Penyusunan SKP ASN

-Satria-

0 Komentar