Selamat Datang di Laman Resmi SD Negeri 4 Nyalian - Sekolah unggul, mandiri dan berahlak mulia.

Kampus Mengajar: "Bergerak dengan Makna, Berkolaborasi Memberi Dampak"

 

Kampus Merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa mampu menguasai berbagai ilmu dan keterampilan yang nantinya dapat bermanfaat saat memasuki dunia kerja.

Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kegiatan belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mahasiswa laksanakan di luar kampus. Mahasiswa diberikan kebebasan mengambil SKS di luar program studi, tiga semester yang di maksud berupa 1 semester kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi dan 2 semester melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Kampus Mengajar merupakan bagian kegiatan pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah pertama dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan Program Kampus Mengajar membuka ruang bagi mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan keahlian serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa di satuan pendidikan dasar.

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan minat, semangat, dan keinginan mahasiswa. Selain itu, mahasiswa diharapkan menjadi inspirasi bagi para peserta didik untuk memperluas cita-cita serta wawasan mereka.

Kampus Mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran pasca pandemi Covid-19.

Program Kampus Mengajar ini bertujuan agar mahasiswa dapat berkolaborasi dengan Kepala Sekolah dan Guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Selain itu, dengan adanya program Kampus Mengajar mahasiswa dapat berbagi ilmu dan pengalaman, serta keterampilan yang dimiliki kepada siswa-siswa yang ada di sekolah. Secara rinci, tujuan program kampus mengajar antara lain:

  • Menumbuhkan rasa empati dan sadar pada diri mahasiswa dalam menghadapi masalah lingkungan yang ada di sekitanya
  • Mengggali keterampilan dan kreatifitas secara bersama-sama diberbagai bidang guna mencari solusi terhadap permasalahaan yang ada
  • Memajukan dan mendukung pembangunan nasional dengan menciptakan motivasi lingkungan dalam bekerja sama untuk proses pembangunan
  • Mahasiwa memperoleh pengetahuan yang belum diajarkan pada perkuliahan
  • Tujuan lain, yakni memberikan kesempatan beasiswa untuk mahasiswa pintar dengan menggunakan kreatifitas yang dimiliki dan mendorong pendidikan terkhusus di tempat 4T supaya setara dengan sekolah yang mempunyai mutu pendidikan sesuai standar nasional.

Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022 merupakan bagaian dari kegiatan mengajar di sekolah dari program MBKM, terutama untuk SD dan SMP yang berada pada daerah 4T (Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan wilayah Transmigrasi).

Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022 akan fokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi pada pendidikan dasar, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah.

Melalui program Kampus Mengajar ini, mahasiswa dapat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terkendala, terutama yang berkaitan dengan literasi dan numerasi. Selain itu, dengan adanya program kampus mengajar dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan minat, semangat, dan keinginan mahasiswa.

Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para peserta didik untuk memperluas cita-cita serta wawasan mereka.

Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 4 salah satunya dilaksanakan di SD Negeri 4 Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Kab. Klungkung, Bali.

Mahasiswa melaksanakan program kerja yang dibagi menjadi 4 tugas utama yaitu Mengajar, Meningkatkan Literasi dan Numerasi, Adaptasi Teknologi dan Bantuan Administrasi Sekolah.

Mahasiswa :

Ni Kadek Eka Budi Darmayanti
Ni Komang Ayu Wulan Maharani
Ni Made Nindya Cahyani
Ni Putu Nita Yuliantari
Ni Kadek Widiantari
Ni Ketut Novita

Dosen Pembimbing Lapangan:

Ni Luh Putu Sandrya Dewi, S.E., M.Si.
























0 Komentar